Tips Menjaga Kesehatan Rahim Agar Terhindar dari Penyakit Rahim

Tips menjaga kesehatan rahim berikut ini semoga akan membantu Anda untuk sadar akan pentingnya kesehatan tubuh khususnya organ reproduksi wanita ini. Simak ulasan dari walatrapropolisbrazilian berikut


Menjaga kesehatan rahim memang sudah menjadi keharusan setiap wanita. Meskipun kita semua sudah mengetahui jika adanya penyakit pasti sudah jalan dari - Nya. Tetapi, setidaknya kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk menjaga kesehatan rahim.

Berikut tips menjaga kesehatan rahim yang bisa Anda lakukan :


  • Hindari menggunakan produk yang mengandung xenoestrogen
Xenoestrogen adalah estrogen asing yang meniru fungsi estrogen alami Anda. Hormon asing tersebut bisa menganggu keseimbangan hormon Anda sehingga bisa mengurangi elastisitas dinding rahim, membuat dinding rahim tipis dan rapuh, mengganggu siklus menstruasi, mentruasi berat, penyakit PCOS, fibroid (tumor rahim), dan lainnya.

Jangan gunakan sampo, lotion, sabun, pewangi vagina, dan lainnya yang digunakan pada organ kewanitaan. Selain itu, makanan seperti makanan kaleng, produk susu, penambah rasa, pewarna buatan, sebaiknya dikurangi atau dihindari.
  • Jangan melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan
Memiliki banyak pasangan seksual terbukti meningkatkan risiko radang panggul atau infeksi pada vagina.
  • Hindari konsumsi pil KB dalam jangka waktu yang lama
Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan pil KB secara terus menerus selama lebih dari 8 tahun dapat mengganggu keseimbangan hormon alami tubuh dan meningkatkan kemungkinan mengembangkan fibroid.
  • Konsumsi ikan yang kaya lemak omega 3
Ikan yang mengandung lemak omega 3 yang tinggi seperti makarel, salmon dapat membantu mengurangi peradangan pada rahim dan mengurangi rasa sakit akibat kontraksi rahim yang dapat meningkatkan risiko malposisi rahim.
  • Olah raga untuk panggul
Olah raga seperti berjalan, jogging, bersepeda, menari, dan lainnya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah ke panggul sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan rahim. Selain itu, berenang dapat memperkuat rahim, mengurangi sakit punggung, meredakan nyeri haid, dan membuat persalinan lebih mudah ( menurut para ahli )
  • Jangan menahan buang air kecil
Menahan buang air kecil dapat membuat bahan limbah menumpuk di kandung kemih, menyebabkan infeksi kandung kemih, yang juga dapat menyebabkan infeksi vagina dan panggul , karena kandung kemih dan vagina berdekatan.
  • Hindari merokok 
Penelitian di Inggris menemukan bahwa zat penyebab kanker dalam rokok cenderung berkonsentrasi dalam cairan tubuh di sekitar leher rahim. 
  • Tingkatkan sistem kekebalan rahim 
Lemon kaya akan vitamin C dan dapat membantu meningkatkan kekebalan rahim dari bakteri eksternal. Jadi, mengapa tidak memulai hari Anda dengan secangkir air lemon hangat di pagi hari?

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan rahim yang bisa Anda lakukan. Ingat! Lakukan secara rutin dan teratur agar kesehatan rahim tetap terjaga.

Selamat mencoba...

Jika ada memiliki keluhan / penyakit pada rahim, Anda bisa menghubungi CS kami via Tlpn/SMS ke nomor 0822.1430.0463 untuk mengetahui solusi penyakit yang diderita. #Konsultasi GRATIS#

Tips menjaga kesehatan rahim secara alami